Thursday, April 5, 2018

FreeFire8 Tips Menghadapi Tes SBMPTN 2018 untuk Masuk PTN Tutorial

Bagi kalian yang akan menghadapi ujian atau tes masuk perkuliahan atau PTN dengan jalur SBMPTN, di artikel ini kami akan berbagi tips menghadapi tes SBMPTN 2018 ala Tips Asique. Seperti yang kalian tau, tes SBMPTN 2018 akan di ikuti oleh lebih dari jutaan peserta didik di Indonesia. Tidak hanya pada satu tingkat, bisa jadi pesertanya adalah para peserta didik satu tingkat di atas kalian.
Pada tes ini, juga akan di bagi menjadi 2 jenis soal. Sederhananya adalah, soal IPA dan soal IPS. Bagi kalian yang bermaksud melanjutkan perkuliahan di bidang IPA maka soal pengetahuan akan berisi tentang pengetahuan alam seperti biologi, kimia, fisika, sebaliknya jika kalian yang ingin melanjutkan perkuliahan di bidang Sosial maka soal pengetahuan akan berisi tentang pengetahuan sosial, seperti yang ada dalam pelajaran IPS, geografi, sosiologi dan ekonomi. Selain soal pengetahuan, peserta SBMPTN 2018 harus mengerjakan soal TPA atau Tes Potensi Akademik. TPA berisi soal-soal sederhana seperti hitungan berurutan dan soal penalaran.
Dalam menghadapi ujian SBMPTN 2018, kalian harus menyiapkan beberapa aspek. Tidak akan rugi bagi kalian yang akan menghadapi tes SBMPTN 2018 untuk meluangkan waktu kalian untuk membaca artikel ini. Semoga tips menghadapi tes atau ujian SBMPTN 2018 ini dapat menghibur, membantu dan menenangkan kalian semua.

8 Tips Menghadapi TesSBMPTN 2018

1. Siapkan Pemahaman tentang Pengetahuan Dasar Tingkat SMA 
Jika kalian merupakan murid IPA maka pastikan setidaknya kalian siap dengan rumus-rumus materi-materi pengetahuan alam. Sebaliknya, jika kalian murid IPS maka kalian harus siapkan hafalan materi-materi pelajaran di IPS. Soal SBMPTN 2018 akan 2x lebih sulit di bandingkan dengan soal ujian nasional. Soal SBMPTN 2018 tergolong soal yang spesial. Jadi dalam menghadapi tes SBMPTN 2018 pastikan kalian sudah memperkuat sisi-sisi lemah kalian di suatu pelajaran. Untuk ini, kami menyarankan untuk mencari guru atau mentor untuk membimbing kalian belajar menghadapi tes SBMPTN 2018. Pelajari saja bagian materi yang kalian kurang menguasai.

2. Siapkan Alat Tulis 
Tips menghadapi tes SBMPTN 2018 yang kedua adalah sebelum menghadapi tes atau ujian SBMPTN 2018, kalian harus mulai menyiapkan alat tulis seperti pensil 2B, penghapus, penggaris. Kami sarankan untuk membeli pensil 2B dengan merk bergengsi seperti staedler, faber castle, atau stabile. Selain pensil, penghapus dengan kualitas bagus juga sangat penting dalam menghadapi tes atau ujian SBMPTN 2018, kami sarankan juga penghapus dengan merk bergengsi seperti staedler, faber castle, dan stabilo. Jangan memakai penghapus yang kurang meyakinkan. Sebelum pelaksanaan ujian, pastikan kalian telah menguji coba kebersihan penghapus dan kecocokannya dengan goresan pensil. Hehehe..

Baca: Tips Memilih Jurusan Kuliah
3. Siapkan Mental 
Jangan takut, jangan berpikiran negative. Kalian para ksatria tes SBMPTN 2018 harus yakin dan berani. Karena kalian akan bersaing dengan jutaan orang disana. Jangan sampai rasa takut atau rasa berdebar menguasai kalian. Kalian harus bisa mengontol diri kalian agar saat mengerjakan soal tes atau ujian SBMPTN 2018 kalian bisa menghadapi dengan tenang dan focus.

4. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa 
Konon katanya, hasil tes atau ujian SBMPTN 2018 merupakan 100% keberuntungan. Kalian tidak akan tau tentang hasil tes kalian, begitu pula hasil penerimaan suatu kampus. Kurangi berbuat maksiat dan mulai mendekat kepada Tuhan agar di beri kemudahan dan juga jalan agar dapat di terima di universitas idaman kalian. Berdasarkan pengalaman kami, peringkat seseorang, tingkat kepandaian atau kecerdasan tidak akan menentukan hasil ujian atau tes SBMPTN 2018 kalian.

5. Restu Orang Tua 
Mintalah restu dari orang tua kalian sebelum memilih jurusan pada suatu universitas saat mendaftar SBMPTN 2018. Pastikan orang tua kalian mengerti alasan kalian mengambil suatu jurusan perkuliahan. Sebelum menghadapi ujian SBMPTN 2018, minta doa kepada orang tua karena doa orang tua merupakan doa yang mujarab.

6. Maksimalkan Mengerjakan Soal SBMPTN 2018 yang Kalian Yakin 
Salah satu tips menghadapi tes SBMPTN 2018 yang cukup akurat adalah kalian harus bisa memaksimalkan mengerjakan soal-soal SBMPTN 2018 yang berhubungan dengan pilihan jurusan kuliah kalian. Misalnya kalian mendaftar Pendidikan Bahasa Inggris di suatu Universitas, pada saat menghadapi tes atau ujian SBMPTN 2018 cari lah dahulu pada soal SBMPTN 2018 bagian soal Bahasa Inggris, maksimalkan menjawab soal-soal bahasa Inggris dengan benar.

7. Percaya pada Diri Sendiri 
Pada saat menghadapi ujian atau tes SBMPTN 2018, kalian harus percaya pada diri kalian. Kalian harus percaya diri dalam memilih suatu jawaban. Adanya keragyuan dalam menjawab akan membuat waktu anda terbuang sia-sia, karena 1 detik akan sangat berharga dalam menghadapi tes atau uijian SBMPTN 2018. Jika kalian mengalami suatu stuck di suatu soal, lewati dulu soal itu dan mulai mengerjakan soal yang lainnya.

8. Hindari Menjawab Soal SBMPTN 2018 dengan Asal-Asalan 
Jika kalian sama sekali tidak tau jawabannya, jangan menjawab soal-soal ujian SBMPTN 2018 secara asal-asalan. Karena jawaban yang salah malah akan mengurangi perolehan skor kalian. Soal yang menyulitkan akan lebih baik jika di kosongkan. Namun, jika kalian percaya diri dengan tingkat keberuntungan kalian, kalian bisa memilih untuk menjawab secara asal.

Itu dia tips menghadapi ujian SBMPTN untuk masuk PTN versi Tips Asique. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Silakan untuk bertanya dan jangan ragu untuk berkomentar. Semoga kalian dapat masuk ke PTN favorit. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment