Wednesday, April 4, 2018

FreeFire5 Tips Mudah Belajar Fisika untuk SMP dan SMA Tutorial

Hallo para pembaca, selamat datang di Tips Asique. Kami akan berbagi tips-tips menarik sederhana untuk kalian semua. Pada postingan kali ini, kami akan membagikan tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA. Bagi kalian yang masih duduk di bangku SMP mungkin akan bertemu dengan mata pelajaran Fisika. Fisika merupakan salah satu pelajaran dalam rumpun IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam. Pada jenjang SMA, Fisika akan di jumpai oleh siswa siswi yang termasuk dalam jurusan IPA. Sebelum kita memasuki tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA, kami akan memberikan sedikit deskripsi tentang apa itu Fisika.
Fisika berasal dari bahasa Yunani yang berarti alam. Fisika merupakan ilmu alam yang mempelajari tentang suatu materi beserta geraknya dalam lingkup ruang dan waktu, seiringan dengan konsep energi dan gaya. Mungkin banyak sekali dari kalian yang berpikiran, �Kenapa sih kita harus belajar tentang Fisika?�. Tidak sedikit juga siswa di Indonesia yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran Fisika. Namun adapula mereka yang gemar dengan Fisika karena mungkin sudah di rasa mudah.
Untuk kalian siswa SMP dan SMA yang merasa kurang termotivasi untuk belajar Fisika, jangan khawatir karena dengan belajar Fisika sedikit demi sedikit, kalian akan bisa terbiasa dengan materi-materi yang ada dalam pelajaran fisika.
Nah, pada postingan kali ini kami akan berbagi tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA. Untuk kalian yang gemar fisika ataupun yang kurang tertarik fisika, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sebentar untuk membaca artikel tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA ini Mari kita simak bersama-sama tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA versi Tips Asique. Semoga bermanfaat bagi kalian semua!

Tips Mudah Belajar Fisika untuk SMP dan SMA


1. Hafalkan Simbolnya 
Tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA yang pertama adalah hafalkan symbol dalam fisika. Pada suatu rumus fisika, akan di gunakan simbol atau singkatan sebagai pengganti suatu besaran. Contoh: s = jarak. v = kecepatan. t = waktu.

2. Pahami Rumusnya 
Tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA yang ke dua adalah memahami rumus fisika. Dalam mencatat suatu materi yang di ajarkan oleh guru atau tutor kalian, jika kalian menemui sebuah rangkaian rumus, pastikan kalian paham tentang apa maksud dari rumus tersebut. Pahami pula kapan dan untuk apa rumus itu di gunakan. Jika kalian salah menggunakan suatu rumus untuk suatu perhitungan, maka kalian akan mendapatkan jawaban yang salah atau kurang tepat.

3. Pahami Besaran Apa Saja yang Terdapat dan Pertanyaan di Suatu Soal Fisika
Tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA yang ke tiga adalah memahami besaran apa saja yang tercantumkan di suatu soal fisika. Selain itu, kalian juga harus mengerti maksud dari suatu pertanyaan atau memahami apa yang di tanyakan di soal. Sebelum kalian menuliskan rumus untuk menghitung, sebaiknya kalian harus mengerti dahulu tumus apa yang akan di gunakan. Pastikan rumus yang kalian gunakan sesuai dengan soal atau akurat.

Baca: Tips Memilih Jurusan Kuliah

4. Merangkum Rumus pada Selembar Kertas 
Tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA yang ke empat adalah merangkum rumus fisika pada selembar kertas. Lipatlah kertas HVS menjadi suatu lipatan kecil atau lipat 4 kali, hal ini bertujuan agar kertas menjadi lebih praktis dan mudah untuk di baca. Tulislah berbagai rumus fisika di suatu kertas HVS atau selembar kertas lebar. Tuliskan dengan tinta yang berwarna-warni agar mudah di hafalkan serta mudah untuk dicari. Setelah itu bawalah kertas rumus tersebut dimanapun kalian berada terutama pada saat sedang belajar fisika.

5. Latihan Soal 
Tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA yang ke lima adalah latian soal. Cobalah untuk mengerjakan soal fisika yang ada pada buku ajar, LKS ataupun soal-soal dari guru kalian. Dalam mengerjakan latihan soal fisika, kalian bisa mengajak teman kalian untuk belajar kelompok agar saling dapat untuk mengajari apabila menemukan suatu kesulitan. Kalian juga bisa menggunakan jasa tutor private untuk membimbing kalian dalam mengerjakan latihan soal fisika. Cobalah untuk rutin mengerjakan soal fisika agar pemahaman dan perhitungan kalian dalam fisika menjadi lebih baik.

Itulah 5 tips mudah belajar fisika untuk SMP dan SMA versi Tips Asique. Semoga bacaan kami dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar. Kalian boleh bertanya ataupun request tips unik lainnya kepada kami. Ikuti media sosial kami untuk update tips mudah dan menarik lainnya. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment