Saturday, April 7, 2018

FreeFire7 Tips Asik Belajar Menuju Ujian SBMPTN 2018Tutorial

Selamat datang di Tips Asique wahai para pembaca. Tips Asique akan menghadirkan postingan mengenai tips-tips sederhana, bermanfaat dan tentunya asique bagi kalian para warganet. Pada postingan kali ini, para siswa -siswi SMA atau SMK wajib membaca rangkaian kalimat yang tertera disini karena kami akan berbagi tips asik belajar ujian menuju SBMPTN 2018.
Apa itu SBMPTN? Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2018 merupakan sistem ujian untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Ujian ini merupakan ujian di mana para siswa-siswi dari seluruh penjuru Negara akan bersaing untuk memperebutkan bangku kuliah di universitas idaman mereka. Tujuan pelaksanaan ujian SBMPTN 2018 adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik tinggi untuk bisa melanjutkan jenjang studinya di Perguruan Tinggi nasional.
Ujian tertulis nasional yang diselenggarakan dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya. Bisa jadi kalian akan mendapat lokasi ujian yang sama dengan teman satu sekolah kalian, namun bisa jadi pula kalian satu-satunya siswa SMA atau SMK kalian yang melakukan ujian di suatu lokasi tertentu.
Ujian SBMPTN 2018 akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Lokasi yang akan di gunakan pada pelaksanaan SBMPTN 2018 adalah tempat-tempat yang berhubungan dengan pendidikan,. Seperti gedung SMP, SMA dan Universitas. Sudah sangat singkat waktunya menuju pelaksanaan ujian SBMPTN 2018. Mari sekarang kita simak tips asik belajar menuju ujian SBMPTN 2018. 

7 Tips Asik Belajar Menuju Ujian SBMPTN 2018

1. Belajar dengan Musik
Tips asik belajar menuju ujian SBMPTN 2018 adalah belajar dengan mendengarkan musik. Musik dapat menenangkan pikiran dan hati kita. Pilihlah genre atau jenis musik yang kalian suka. Mendengarkan musik yang kalian suka akan menambah semangat kalian dalam belajar. Musik yang bagus tentu akan menaikkan mood kalian. Dengan mood yang baik dan kondisi hati yang baik pula, otak akan menjadi lebih mudah menyerap materi. Jadi di saat kalian mengerjakan soal-soal latihan SBMPTN 2018, nyalakan mp3 player kalian dan dengarkan musiknya.

2. Belajar dengan Melihat Foto Orang yang Kita Sayang
Tips kedua versi Tips Asique dalam belajar menuju SBMPTN 2018 adalah dengan belajar sembari melihat foto atau gambar orang yang kalian sayang atau kalian dambakan. Asupan visual yang di terima oleh mata manusia, akan menaikkan mood dan rasa senang dalam diri kalian. Hal ini akan memicu kinerja otak agar tidak mudah stress saat sedang mempelajari soal-soal latihan ujian SBMPTN 2018. 

Bingung memilih jurusan kuliah? Baca tips memilih jurusan kuliah! :D

3. Belajar Bersama Teman
Tips ke tiga dalam belajar asik menuju ujian SBMPTN 2018 adalah dengan cara belajar bersama dengan teman kalian. Terkadang jika kalian belajar sendiri, kalian akan mengalami kesulitan pada sebuah soal. Selain itu, pikiran kalian akan tergoyangkan ke hal-hal negative yang akan membuat kalian kurang percaya diri. Belajar bersama teman akan menambah motivasi belajar kalian, karena kalian akan merasa memiliki rekan seperjuangan dengan tujuan yang sama walaupun mendaftar di universitas yang berbeda. Kalian juga bisa saling bertanya jika mendapati kesulitan dalam mengerjakan soal soal latihan SBMPTN 2018.

4. Belajar Bersama Tutor Pribadi
Tips ke empat dalam belajar asik menuju ujian SBMPTN 2018 adalah dengan cara belajar bersama tutor atau guru les private. Les private untuk persiapan SBMPTN 2018 akan jauh lebih efektif daripada mengikuti les di suatu lembaga bimbingan belajar. Les private akan membuat kalian fokus kepada materi yang di ajarkan oleh sang guru. Jika kalian merasa butuh penjelasan lebih dalam, kalian bisa langsung meminta sang tutor untuk mengajarkan. Tutor juga sangat bermanfaat untuk membantu mengerjakan latian soal SBMPTN 2018.

5. Belajar Bagian yang di Rasa Kurang
Tips ke lima dalam belajar asik menuju ujian SBMPTN adalah kalian lebih baik belajar di bagian pelajaran yang kalian kurang kuasai atau kurang pahami. Daripada belajar seluruh materi ujian SBMPTN 2018, akan lebih efektif jika memaksimalkan untuk meningkatkan pengetahuan kalian di bagian-bagian soal yang masih terasa sulit. Carilah latihan soal soal SBMPTN dan cari bagian yang masih di rasa sulit. Konsultasikan bagian sulit dengan tutor atau teman kalian. 

Itulah tips tips asik belajar menuju ujian SBMPTN 2018. Tips di atas juga bisa di gunakan untuk belajar dalam menghadapi ujian lainnya, seperti Ujian Nasional ataupun Ujian Sekolah. Semoga artikel kami bermanfaat bagi kalian semua para pembaca. Jangan lupa untuk mengikuti update kami di media sosial kami, serta silakan meninggalkan komentar di kolom komentar. Terima Kasih.
Baca Juga: Tips Menghadapi Tes SBMPTN untuk masuk PTN Favorit

No comments:

Post a Comment