Wednesday, April 11, 2018

FreeFire7 Tips Mengerjakan Soal Ujian Jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK Tutorial

Selamat datang di Tips Asique. Tips Asique akan berbagi tips-tips mudah, simple dan menarik bagi para pembaca. Artikel yang ada pada Tips Asique diharapkan dapat member manfaat serta dapat menghibur kalian semua. Pada postingan sebelumnya, Tips Asique telah memberikan Tips Menghadapi Ujian SBMPTN. Di tips menghadapi ujian SBMPTN, Tips Asique memberikan tips-tips versi kami yang dapat kalian terapkan sebelum mengerjakan soal SBMPTN. Nah, pada postingan kali ini kami akan berbagi tips dalam mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk kalian para siswa SMA dan SMK.
Sebelum kita masuk ke tips mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK, mari kita simak dahulu penjelasan singkat mengenai SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2018 adalah suatu system tes atau ujian untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan tingkat Indonesia, oleh sebuah panitia terpusat. Ujian ini merupakan ujian di mana para siswa-siswi dari seluruh Indonesia akan bersaing untuk bisa di terima untuk melanjutkan studi di universitas favorit di Indonesia. Tujuan pelaksanaan ujian SBMPTN 2018 adalah untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik tinggi untuk bisa melanjutkan jenjang studinya di Perguruan Tinggi nasional.
Ujian tertulis tingkat nasional yang diselenggarakan dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN akan selalu dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya. Bisa jadi kalian akan mendapat lokasi ujian yang sama dengan teman satu sekolah kalian, namun bisa jadi pula kalian satu-satunya siswa SMA atau SMK kalian yang melakukan ujian di suatu lokasi tertentu. Sudah bisa menangkap garis besar tentang SBMPTN? Sekarang saatnya kita masuk ke tips mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK versi Tips Asique. Selamat Membaca!

Tips Mengerjakan Soal Ujian Jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK 

1. Datang ke Lokasi Ujian Lebih Awal 
Ujian SBMPTN adalah Ujian yang sangat berbeda dengan ujian yang kalian lakukan di sekolah kalian. Tips pertama dalam mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK ini adalah datang ke lokasi ujian SBMPTN lebih awal dari jam mulai ujian. Sebelum di mulai ujian dan mulai untuk mengerjakan soal SBMPTN, alangkah lebih baik jika kalian melakukan pemanasan otak kalian dengan membaca-baca materi. Lakukan pemanasan otak kalian di depan ruangan ujian kalian agar kalian merasa tenang.

2. Lihat Lembar Soal 
Tips kedua dalam mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK yaitu perhatikan jenis soal yang kalian terima. Pastikan soal yang kalian terima tidak mengalami kecacatan. Terlebih lagi, pastikan kalian mendapatkan lembar soal sesuai dengan jenis ujian yang kalian ikuti.

Baca: Tips Belajar Ujian Apapun!

3. Lihat Alokasi Waktu 
Tips ketiga dalam mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK adalah melihat alokasi waktu. Perhatikan durasi waktu yang di sediakan untuk mengerjakan soal SBMPTN. Pastikan kalian bisa memperkirakan waktu pengerjaan soal-soal SBMPTN.

4. Jangan Berhenti di Satu Soal yang Sulit 
Tips keempat mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK adalah jangan berhenti di satu soal yang mempersulit kalian. Akan ada dimana kalian mengalami kondisi stuck, yaitu saat tidak bisa mengerjakan suatu soal. Jangan berhenti dan berdiam karena soal tersebut karena hal itu akan membuang-buang waktu. Lanjutkan mengerjakan soal lainnya yang kalian bisa langsung kerjakan.

5. Jangan Mengkosongkan Pikiran atau Blank atau Ngelamun 
Tips kelima mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK yaitu harus tetap sadar. Tetap ingat bahwa kalian sedang melakukan ujian untuk masuk ke universitas. Ujian ini merupakan ujian yang akan berdampak besar bagi kalian. Jika kalian merasa jenuh saat mengerjakan soal ujian, gunakan setidaknya 10 sampai dengan 15 detik untuk bernafas sejenak sambil melihat sekitar. Setelah itu, kembali lanjutkan mengerjakan soal ujian jaur SBMPTN.

Cemas? Kurang PD? Takut Ujian? Baca Tips Menghadapi Ujian SBMPTN / Ujian Mandiri

6. Kerjakan Soal yang Kalian Sukai dan Sesuai dengan Pilihan Jurusan 
Salah satu tips mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK yang cukup akurat adalah kalian harus bisa memaksimalkan mengerjakan soal-soal SBMPTN yang kalian sukai atau kalian anggap mudah serta soal ujian yang berhubungan dengan pilihan jurusan kuliah kalian. Misalnya kalian mendaftar Pendidikan Biologi di suatu Universitas, pada saat menghadapi tes atau ujian SBMPTN cari lah dahulu pada soal SBMPTN bagian soal Biologi, maksimalkan menjawab soal-soal Biologi dengan benar.

 7. Perhatikan Alat Tulis yang Kalian Gunakan 
Tips kali ini merupakan tips sangat sederhana yang mungkin bisa kalian perhatikan dalam mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk SMA dan SMK. Pastikan alat tulis kalian sesuai dengan peraturan. Gunakan pensil 2B dan penghapus dengan kualitas yang bagus agar tidak memakan waktu saat menghapus jawaban yang salah. Pastikan juga kalian menempatkan alat tulis kalian di tempat yang aman, jangan sampai kalian menyenggol alat tulis kalian sendiri dan jatuh sehingga menimbulkan suara. Hal tledor ini akan memecah konsentrasi serta membuat jantung kalian semakin berdebar.

Itulah 7 tips dalam mengerjakan soal ujian jalur SBMPTN untuk siswa SMA dan SMK. Semoga bacaan tips-tips sederhana dan menarik versi Tips Asique dapat bermanfaat serta menghibur kalian semua. Jangan lupa untuk mengikuti kami di jejaring sosial kami. Silakan tinggalkan komentar apapun, kalian juga bisa bertanya atau bahkan request tips-tips menarik lainnya. Bagikan / share artikel ini keapda teman kalian ya!

No comments:

Post a Comment