Sunday, April 1, 2018

FreeFire8 Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Siswa SMA dan SMK yang Masih GalauTutorial

Selamat Sore para pembaca! Apa kabar kalian? Kami harap kalian sehat selalu disana ya, tapi apakah kalian masih galau dengan hal-hal berbau kuliah? Jangan galau dulu, Pada postingan kali ini, Tips Asique akan berbagi tips tentang memilih jurusan kuliah. Tips memilih jurusan kuliah ini akan sangat bermanfaat untuk kalian para siswa siswi SMA dan SMK yang masih galau tentang pemilihan jurusan di universitas idaman di Indonesia, atau bahkan di Luar Negeri. Di perkuliahan istilah �jurusan� akan di pergunakan sebagai jenis dari suatu perkuliahan yang akan kalian tempuh.

Dalam perkuliahan, jurusan masih terbagi lagi menjadi berbagai macam Program Studi atau Prodi. Jurusan berada di dalam suatu fakultas. Jadi urutannya adalah Fakultas, Jurusan, lalu Program Studi. Sebagai contoh misalkan nama universitasnya adalah Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Seni dan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam pemilihan perkuliahan, kalian para calon mahasiswa di haruskan untuk memilih Prodi, dimana merupakan pilihan paling khusus di suatu universitas.

Namun, tidak sedikit universitas yang menggunakan nama yang berbeda untuk istilah prodi atau jurusan. Program Studi masing-masing Universitas berbeda-beda. Kalian dapat melihat atau mencari program studi pada website masing-masing Universitas. Dalam postingan ini, kami akan memberikan sedikit tips dalam memilih jurusan dan program studi untuk kalian para siswa SMA atau SMK. Tips ini kami angkat berdasarkan pengalaman dan fakta di lapangan, namun juga tetap berdasarkan opini kami sebagai penulis. Semoga tips memilih jurusan dan program studi kuliah untuk siswa SMA dan SMK yang masih galau ini dapat bermanfaat ya, mari kita simak bersama-sama. 8

 Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Siswa SMA dan SMK yang Masih Galau :

1. Minat atau Kesukaan 
Tips memilih jurusan yang pertama versi tips asique adalah pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kalian. Karena kalian akan menjalani sekitar 3-4 tahun masa kuliah berkutik dengan hal-hal yang berhubungan dengan jurusan kalian. Coba bayangkan kalian berada di sebuah jurusan yang kalian tidak sukai. Akan terjadi suatu keadaan dimana hati kalian tidak sejalan dengan otak kalian. Hal ini merupakan hal yang sangat umum atau wajar yang terjadi di perkuliahan masa kini. Sekitar 60% mahasiswa di Indonesia mengikuti perkuliahan di bidang yang tidak ia minat. Pihak-pihak luar seperti pacar atau keluarga mungkin akan membuat kalian berpikir dua kali dalam menentukan pilihan jurusan bukan? Kalian tidak harus mengikuti minat kalian jika keadaan memang tidak memungkinkan, namun berkuliah di bidang yang kalian sukai akan jauh membantu kalian.

2. Restu Orang Tua atau Keluarga 
Tips yang kedua dalam memilih jurusan kuliah untuk kalian para siswa SMA dan SMK yang masih galau adalah restu orang tua atau keluarga. Dukungan dari pihak-pihak terdekat merupakan hal yang cukup penting dalam menjalani perkuliahan kalian kelak. Jika kalian kebingungan dalam memilih jurusan kuliah, mintalah saran kepada ayah, ibu atau kakak. Sembari meminta saran, kalian juga harus menjabarkan keinginan dan kesukaan kalian agar pemilihan jurusan tidak asal-asalan. Apabila orang tua tidak menyetujui keinginan kalian atau tidak menyetujui jurusan yang kalian minati, kalian harus bisa memberikan kepastian dan penjelasan secara halus dan tepat sasaran.

3. Perhatikan Passing Grade suatu Program Studi 
Kali ini merupakan tips yang ke tiga dalam memilih jurusan kuliah untuk kalian para siswa SMA dan SMK yang masih galau. Semakin tingginya passing grade suatu program studi atau jurusan di suatu universitas, semakin tinggi pula kualitas yang ada dalam program studi atau jurusan itu. Tidak hanya tinggi dalam kualitas jurusan, persaingan untuk masuk ke dalamnya juga akan semakin ketat. Pastikan kalian telah melihat passing grade program studi atau jurusan di website suatu universitas.

4. Jurusan yang akan Butuh Modal dan Tidak 
Tips yang ke empat dalam memilih jurusan kuliah untuk kalian para siswa SMA dan SMK yang masih galau adalah perhatikan jenis program studi yang akan kalian pilih kelak. Selain biaya perkuliahan yang wajib di bayarkan, perkuliahan akan tetap membutuhkan biaya tambah untuk membuat tugas atau kerja lapangan. Salah satu contohnya adalah jika kalian memiliki minat di bidang desain dan akan mendaftar perkuliahan desain, perlu di ketahui bahwa kalian akan di haruskan untuk membuat karya yang mungkin akan membutuhkan biaya yang tidak murah demi mencapai suatu nilai yang maksimal.

5. Jarak Universitas 
Jarak universitas menjadi tips ke lima dalam memilih jurusan kuliah untuk kalian para siswa SMA dan SMK yang masih galau. Apabila kalian sudah berniat untuk melaksanakan perkuliahan di luar kota, siapkan mental kalian untuk menemui suasana baru dan mungkin asing bagi kalian. Dalam penentuan jurusan di suatu universitas di luar kota, kalian harus mendapat persetujuan dari Orang Tua karena kalian akan tinggal sendiri di suatu kost atau menginap di rumah saudara setempat. Apabila kalian mempunyai pacar, persiapkan mental dan hati kalian karena keadaan pada masa kuliah akan jauh berbeda daripada masa sekolah. Perlu di ingat bahwa jarak akan menjadi tantangan suatu hubungan.

Itulah tips memilih jurusan kuliah untuk siswa SMA dan SMK yang masih galau atau bimbang dalam menentukan pilihan. Semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca Tips Asique. Jangan lupa untuk mengikuti kami di media sosial. Jangan sungkan untuk memberikan masukan atau melontarkan pertanyaan kepada kami ya.

No comments:

Post a Comment